STIPSI Jogja dan STIE Mitra Indonesia Menggelar PKKMB 2020 secara Daring

STIPSI Jogja dan STIE Mitra Indonesia dalam tatanan kehidupan baru menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring melalui zoom meeting selama tiga hari, dimulai pada Selasa, 22 September 2020 dengan Tema ‘Menjadi Generasi Tangguh di Era Revolusi Industri 4.0″.

Ketua Panitia PKKMB, Galuh Setia Winahyu, S.Psi., M.Psi., Psikolog, mengungkapkan program PKKMB merupakan kegiatan yang dapat memecahkan suasana. “Agar teman-teman dapat saling mengenal, mahasiswa punya antusiasme, motivasi enterpreneurship, menyiapkan masa depan yang lebih baik,” katanya disela kegiatan.

Ketua STIE Mitra Indonesia, Koesharijadi pada kesempatan itu menyampaikan, apapun kondisinya proses pembelajaran harus berlangsung. Bagi mahasiswa baru harus semangat tidak boleh kendor. “Berbekal ilmu, kompetensi, siap menghadapi daya saing,” katanya. 

Sementara itu Ketua Yayasan Cendekia Mitra Indonesia (YCMI), Agus Paryanto, SE. menyebutkan program PKKMB 2020 ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru dalam melewati proses transisi dengan semangat dan antusiasme tinggi sehingga mampu menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Selain itu, kuliah umum Motivational: Entrepreneurship di Era 4.0 disampaikan narasumber Dr. Ayu Cornelia Helena dan An Nuur Budi Utama, ST dengan moderator Dwi Retno Sri Harjanti, SE., MM. Disampaikan pula materi Generasi Tangguh Tangkal Narkoba oleh AKBP Siti Afiah S.Psi., SH., MH (Kepala BNN Kabupaten Sleman).

Kegiatan PKKMB tersebut adalah agenda rutin tahunan pada saat penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan ini dihadiri Ketua Yayasan Cendikia Mitra Indonesia, Agus Paryanto, SE serta beberapa dosen dan pemateri. Sebanyak 263 mahasiswa baru baik dari STIE Mitra Indonesia dan STIPSI Yogyakarta turut hadir melalui aplikasi Zoom Meeting. 

Continue Reading

STIPSI Jogja melaksanakan program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2020

STIPSI Jogja melaksanakan program beasiswa pemerintah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan bagi lulusan SMA /sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps (untuk mobile apps segera ada di Google Playstore).

Saat pendaftaran, calon mahasiswa memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail yang valid dan aktif. Sistem KIP-Kuliah akan melakukan validasi.  Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP-Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Info tentang KIP-Kuliah juga dapat dilihat di laman : https://www.kompas.com/tren/read/2020/02/27/134337465/cara-dan-syarat-mendaftar-kip-kuliah?page=all

Pendaftaran KIP-Kuliah dapat dilakukan di laman :
https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

STIPSI Jogja juga dapat membantu calon mahasiswa melakukan pemilihan PTS secara offline. Calon mahasiswa harus membawa print out pendaftaran online KIP-Kuliah beserta persyaratan umum lainnya. Info selengkapnya dapat menghubungi 0812 9596 6729 (Kak Anagata)

Continue Reading

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan 1441 H

Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling utama bagi umat islam diseluruh dunia. Pada bulan ini umat islam berkewajiban untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Selain itu pada bulan Ramadan ini umat islam berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah sunah salah satunya dengan melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Menurut perkiraan tanggal, bulan puasa akan jatuh pada akhir bulan April 2020. Berarti tinggal menghitung hari lagi kita semua akan memasuki bulan yang paling ditunggu oleh umat islam. Tetapi untuk bulan puasa tahun ini sedikit berbeda karena adanya wabah pandemi virus Corona atau Covid-19. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi seluruh dunia juga terkena wabah Corona, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan untuk melaksanakan puasa Ramadan 1441 H dan ibadah-ibadah lainnya.

Continue Reading

Mahasiswa STIPSI Jogja Laksanakan KKN di Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul

Tepat pada hari Senin, 10 Februari 2020 sebanyak delapan orang mahasiswa angkatan 2017  mengikuti kegiatan penerjunan untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIPSI 2020 di Dukuh Sompok, Desa Sriharjo, Bantul. Selain para mahasiswa semester enam tersebut, hadir pula Ketua STIPSI Galuh Setia Winahyu, M.Psi., Psikolog, Wakil Ketua I Bidang Akademik Dyah Putri Kinasih, S.Psi., M.A., Ketua LPPM H.M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A serta salah satu staff BAUK Noormalauda Khanastren, S.Psi. Sedangkan yang hadir mewakili pemerintah daerah  adalah Bapak Kepala Dukuh Sompok beserta seluruh Ketua RT di Dukuh Sompok, serta Ketuap Karang Taruna Dukuh Sompok. 


Pada sambutannya, bapak Kepala Dukuh menceritakan detail keadaan yang ada di Dukuh Sompok, yaitu memiliki tujuh buah RT dan tidak kurang dari 1000 jiwa hidup di Dukuh tersebut. Selain itu di dalam Dukuh Sompok juga terdapat fasilitas pendidikan dan fasilitas ibadah seperti TK, PAUD, SD dan masjid yang didalamnya juga terdapat Madrasah Diniyah. Beliau berharap dengan adanya mahasiswa STIPSI yang melaksanakan KKN di Dukuh yang dipimpinnya tersebut, maka dapat membantu Dukuh Sompok menjadi lebih baik, selain itu juga dapat mengembangkan program-program yang telah dimiliki oleh Dukuh tersebut sebelumnya.
Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dukuh Sompok, Ketua STIPSI Galuh Setia Winahyu, S.Psi., M.Psi. Psikolog. juga menyampaikan harapan yang besar terhadap mahasiswa yang melaksanakan KKN di Dukuh Sompok. Beliau meminta mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan KKN ini dengan penuh rasa bangga dan tanggungjawab. Sehingga mereka dapat mengambil sebanyak mungkin pelajaran yang berharga dari apa yang dilihat, dirasakan dan dikerjakan selama masa KKN ini.


Sebagai tambahan informasi bahwasanya Kegiatan KKN STIPSI 2020 memiliki tema “Optimalisasi Pemuda dalam Mewujudkan Jiwa Enterpreneur Anak di Era 4.0” dan akan diadakan selama satu bulan dimulai dari tanggal 10 Februari 2020 sampai dengan 10 Maret 2020. Kegiatan KKN ini diikuti oleh delapan orang mahasiswa angkatan 2017 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Galuh Setia Winahyu, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Kegiatan KKN STIPSI 2020 ini dilaksanakan di Kabupaten Bantul, tepatnya Dukuh Sompok, Desa Sriharjo Kabupaten Bantul Provinsi DIY.

(Fahmi)

Continue Reading

Alamat

Jalan Ngeksigondo No.60, Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172
Tom Silver Building

Telepon : 08139-233-6060
Email : info@stipsi.ac.id