Dilema Besar Pengaruh Lingkungan Dalam Pusaran Pendidikan Di Indonesia

Pendidikan menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan di setiap berbagai Negara yang ada di Dunia ini, persaingan antar Negara yang sedang berlomba-lomba untuk memajukan Negara melalui pendidikan sangatlah beragam. Pendekatan-pendekatan pemerintah melalui peraturan resmi yang diterapkan oleh pemerintah untuk pendidikan di negaranya menjadi sebuah main target tersendiri, tak pelak peraturan pemerintah yang selalu berganti-ganti ketika kursi menteri sering berubah dan menjadi ancaman, buah bibir masyarakat, dalam menyikapi polemik peraturan tersebut. Contoh halnya peraturan yang ditetapkan oleh Mas menteri pendidikan Nadiem Makarim. Ada yang suka dengan kebijakan yang ingin diterapkan olehnya, dan ada yang tidak suka dengan peraturan yang diterapkan oleh Mas Menteri tersebut.


Jauh dari hal peraturan menteri yang diterapkan tersebut, Indonesia mempunyai permasalahan yang sangat beragam khususnya sektor-sektor pendidikan yang ada di Indonesia, isu lingkungan menjadi momok besar bagi Negara Indonesia menghadapi problematika pendidikan yang ada di Indonesia sekarang ini. Banyak sekali kasus lingkungan yang terbawa keranah pendidikan baik itu di tingkat SD, SMP, SMA dan sampai keperguruan tinggi.


Kasus klithih di Yogyakarta yang dalam hal ini pelakunya ialah anak di bawah umur dan masih dalam pendidikan, menjadi pekerjaan rumah yang sangat penting bagi pemerintah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengentaskannya. Contoh lain ialah kasus-kasus percobaan bunuh diri dan bahkan korban kekerasan yang terjadi pada siswa, mahasiswa/i yang ada di Indonesia, banyak di daerah kecil yang tidak terekspos media, bahkan kepusat, menjadi sebuah PR besar pemerintah dalam hal ini untuk menangani dilema besar pengaruh lingkungan dalam pusaran pendidikan di Indonesia ini.

Pandangan terbaru Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang mengangjurkan tiap sekolah memilliki psikolog pendidikan sangatlah patut dipertimbangkan oleh pemerintah. Khususnya pemerintah kota yang terdampak besar pengaruh lingkungannya, beberapa kota misalnya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang dan kota-kota besar, patut untuk mempertimbangkan usulan KPAI tersebut.

(Reno Diqqi Alghazali)

Alamat

Jalan Ngeksigondo No.60, Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172
Tom Silver Building

Telepon : 08139-233-6060
Email : info@stipsi.ac.id