Gaya Hidup Sehat di Era Pandemi

“Di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), penting sekali menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai virus. Gaya hidup sehat saat pandemi sangat penting dilakukan. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental tidak kalah penting untuk dijaga,” tutur Dr. Novi Febrianti, S.Si., M.Si. selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) saat menjadi pembicara di Langkah Pakar (12-12-2020).

Kesehatan fisik dan mental menjadi kunci utama dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu sehat dan dapat terhindar dari virus berbahaya. Menjaga pola makan yang sehat dengan rutin mengkonsumsi makanan yang seimbang 4 sehat 5 sempurna, serta pola olahraga yang rutin dapat menjaga diri agar tetap bugar.

“Aktivitas harian yang rutin seperti bangun pagi, olahraga, berkebun, memasak, serta bekerja sesuai dengan porsinya membuat tubuh kita akan menjadi rileks dan nyaman. Hal ini sangat berpengaruh juga pada kesehatan fisik dan mental,” ujar Novi.

Kesehatan mental penting dijaga agar pikiran dan hati senantiasa bahagia, mengatur emosi, menjaga perasaan tetap senang, serta menghindari pikiran buruk dapat meningkatkan kesehatan dan terhindar dari berbagai virus.

“Di masa pandemi dengan menjaga pikiran agar tetap bahagia, dengan memilih informasi yang tepat serta menghindari berita yang justru akan berdampak pada kesehatan. Menjaga emosi, menjaga pola tidur yang baik, dan menggunakan media informasi maupun komunikasi dengan bijak sangat penting dilakukan,” terang Novi saat memaparkan materi.

Covid-19 mengajarkan manusia untuk bersama-sama berjuang dalam melewati masa terberat. “Lakukan kegiatan positif dan membagikannya ke publik agar bersama-sama tetap bersemangat dan berjuang agar pandemi segera mereda. Selain itu bahu-membahu menolong saudara yang terdampak Covid-19,” tandas Novi. (Chk)

 

Sumber https://news.uad.ac.id/gaya-hidup-sehat-di-era-pandemi/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

%d bloggers like this: